Apa kalimat yang paling sering diucapkan dokter di RS?

Berita Racun, Agustus 2012

 

Dahulu kala, dalam sebuah acara kuis di televisi yang mengharuskan pesertanya menebak hasil survey, salah satu pertanyaannya berbunyi demikian “Kalimat apa yang diucapkan dokter kepada pasien?” Ketika sang pembawa acara berteriak “survey membuktikan…” tampak jawaban-jawaban mulai tersibak satu persatu. Beberapa jawaban terpopuler adalah “bilang aaa…”, “buka bajunya”, sampai ke “bayarnya di depan, Bu”.

 

Acara kuis ini mengusik peneliti dari Lembaga Pemerhati Ucapan Anda atau yang merasa lebih gaul disebut LEMPER PANDA. “Ucapan anda sangat berpengaruh dalam relasi dengan sesama, hal ini tentunya lebih signifikan dalam bidang pelayanan seperti dunia kedokteran, misalnya,” ujar Alfa, ketua peneliti. Lemper Panda menjelaskan pada Koas Racun dalam presentasi  penelitian dengan judul “Apa kalimat yang paling sering diucapkan dokter di RS?”

 

Teori tentang ucapan di atas menjelaskan mengapa dalam pendidikan kedokteran, mahasiswa tidak hanya diajarkan keterampilan medis, tapi juga keterampilan komunikasi. “Pasien ingin merasa nyaman berbicara dengan dokter. Mereka ingin dokter yang bisa mendengarkan secara efektif,” jelas pria yang mengaku bernama lengkap Alfa Bravo Charlie Delta Echo Foxtrot Golf Hotel India Juliet Kilo Lima Mike November Oscar Papa Quebec Romeo Sierra Tango Uniform Victor Whiskey ini.

 

Menurut Alfa, perkataan dokter di Rumah Sakit berpotensi sangat menentukan persepsi pasien dengan kesehatannya. Pemilihan kalimat seperti “bapak perlu kesabaran ekstra untuk bisa sembuh sempurna” dinilai lebih baik dibandingkan“bapak bakal lama nih sakitnya”. Pasalnya, kalimat ini memberikan efek sugesti yang baik kepada pasien dengan melibatkan kata positif yaitu ‘sabar’ dan ‘sembuh’.

 

Maka dari itu, para peneliti disebar di sepuluh RS pendidikan seluruh Indonesia untuk mengumpulkan data seputar kalimat yang paling sering diucapkan dokter di RS. Tujuannya, menganalisis perkataan yang paling sering diucapkan sekaligus pengaruhnya kepada suasana di lokasi kerja dokter.

 

Setelah penelitian selama 14  hari dengan mengambil latar IGD, para peneliti ini kecewa karena hasil yang mereka dapatkan tampaknya tidak memuaskan. Berikut adalah kalimat yang ternyata paling sering diucapkan oleh dokter maupun dokter muda di RS:

  1. “Duh, pulpen gue mana ya?” Kalimat ini diucapkan sesaat sebelum menulis lembar status pasien atau lembar resep.
  2. “Duh, rame banget sih…” kalimat ini juga kalimat yang sudah bosan didengar para peneliti Lemper Panda.
  3. “Dek koas…!” dan variannya (misalnya, “mas koas…!”)  Kalimat ini diucapkan terutama di IGD, sering diucapkan oleh dokter PPDS atau perawat. Kalimat ini umumnya dilanjutkan dengan bermacam-macam kalimat perintah.

 

Walaupun gagal, penelitian ini membuka wawasan baru bahwa walaupun berasal dari latar berbeda, para dokter memiliki pola ucapan yang sama. Setelah ini, pak Alfa berencana mengulang penelitian dengan modifikasi judul“Apa kalimat yang paling sering diucapkan dokter kepada pasien?”

 

(ndreamon)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s